Sejarah Desain Interior Minimalis yang Perlu Diketahui

Sejarah Desain Interior Minimalis yang Perlu Diketahui

Dari sekian banyak konsep interior minimalis banyak diaplikasikan. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata sejarah desain interior minimalis sudah ada sejak awal abad 20? Jika Anda tertarik dan ingin tahu, simak informasi berikut ini.

Sejarah Interior Minimalis

Desain minimalis dimulai dengan adanya arsitektur bergaya minimalis tahun 1920 an. Van der Rohe menjadi salah satu arsitek pertama yang menggunakan konsep minimalis.

Setelah itu, banyak yang memilih menggunakan konsep minimalis. Alasannya, bahan dan material mudah didapat, perancangan lebih cepat.

Desain minimalis semakin popular hingga di pertengahan abad ke-20. Kala itu, Buckminster Fuller mendesain kubah berbentuk geometris yang sederhana dan terlihat modern.

Konsep sederhana itulah yang kemudian diadopsi dalam berbagai bidang, salah satunya desain interior. di tahun 1960an, seni minimalis semakin berkembang. Bahkan hingga saat ini, konsep minimalis diadopsi untuk perancangan perabotan yang mempermudah konsumen untuk memasangnya.

Jika sejarah desain interior minimalis dijabarkan, konsep desain minimalis ini dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu:

  • Gerakan Seni De Stijl

Dalam bahasa Belanda, de Stijl berarti The Style. Jadi, gerakan de Stijl  adalah gerakan artisik tahun 1971 hingga awal 1930 an di Belanda. Pergerakan ini diikuti oleh pelukis, arsitek, pematung, desainer.

Gerakan artistic di Belanda ini mendorong abstraksi dan kesederhanaan pada warna dan bentuk. Maka dari itu, gerakan seni De Stijl berpengaruh pada desain minimalis.

  • Ludwig van der Rohe

Seperti yang Anda tahu, Ludwig Mies van der Rohe merupakan arsitek yang mempelopori arsitektur modern dan less is more. Rohe merancang bangunan yang mengutamakan kesederhanaan dan kejelasan.

Dalam rancangannya, Rohe kerap menggunakan kerangka atau struktur minimal, pelat kaca dan baja. Akhirnya, bangunan yang dirancang memiliki banyak ruang terbuka.

  • Desain Tradisional Jepang

Siapa yang menyangka jika desain tradisional Jepang berpengaruh pada desain minimalis? Pasalnya, bentuk rumah dan interior bangunan Jepang kuno sudah menggunakan konsep minimalis sejak jaman dulu.

Jika Anda perhatikan, rumah khas Jepang menggunakan sedikit warna yang dilengkapi dengan garis dan bentuk. Umumnya, warna yang digunakan adalah putih dan coklat.

Interior Minimalis Zaman Modern

Sejarah Desain Interior Minimalis yang Perlu Diketahui
Sejarah Desain Interior Minimalis yang Perlu Diketahui

Seiring perkembangannya, konsep interior minimalis banyak digunakan oleh banyak orang. Bahkan, tanpa jasa desain interior rumah, Anda bisa merancang interior yang sederhana.

Di zaman modern, perkembangan interior modern lebih pada penggunaan perabotannya dan warna. Umumnya, warna yang digunakan adalah warna putih atau warna pastel dan soft seperti biru pastel. Sedangkan untuk perabotan, banyak yang beralih menggunakan perabotan multifungsi terutama untuk rumah minimalis. Dengan begitu, space dan fungsi perabotan tetap bisa diperoleh.

Itulah sejarah desain interior minimalis yang bisa disampaikan. Dengan informasi ini, semoga Anda bisa mendapatkan tambahan informasi. 

Releated

Cara Belajar Membuat Sketsa Desain Interior untuk Pemula

Cara Belajar Membuat Sketsa Desain Interior untuk Pemula

Untuk membuat suatu tata ruang yang menarik, maka Anda harus memiliki perencanaan yang matang. Perencanaan ini dimulai dari pembuatan sketsa desain interior. Sketsa desain interior biasanya digambar secara manual. Namun sebelum itu, Anda harus belajar cara membuat sketsa interior yang tepat terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut ini: Cari Tempat atau Sumber Belajar Walaupun Anda bisa […]

Cara membuat logo di corel draw

Cara Membuat Logo di Corel Draw dengan Tipografi dan Clipart

Cara membuat logo di Corel Draw sangatlah mudah karena user interface yang praktis dan intuitif. Corel Draw sudah lama dikenal sebagai salah satu software desain grafis terbaik untuk berbagai keperluan. Jasa desain logo di Sribu juga banyak mengandalkan Corel Draw sebagai software utama untuk menghasilkan desain vektor berkualitas. Tak heran jika para deasiner menjatuhkan pilihannya […]