Pengertian Website dan 2 Jenisnya Berdasarkan Penampilan dan Respons

Pengertian Website dan 2 Jenisnya Berdasarkan Penampilan dan Respons

Pengertian website pada umumnya adalah halaman elektronik yang berisi mengenai kumpulan informasi. Website memiliki kaitan dengan domain dan dibuat untuk tujuan tertentu. Halaman atau web page ini berisi mengenai konten yang bisa berupa grafik, text ataupun visual yang lainnya.

Namun, halaman website saja tidak bisa disebut website. Ada 3 unsur yang harus ada dalam website yaitu:

  1. Domain yang merupakan nama atau alamat dari website tersebut. Dengan adanya domain ini, maka pengguna internet bisa membedakan antara website yang satu dengan yang lainnya.
  2. Hosting bermanfaat untuk menyimpan semua database dari website.
  3. Konten atau isi dari website yang berisi text, gambar, audio ataupun visual seperti video.

Website seperti jenis situs yang berisi mengenai efek suara lucu untuk edit video ini biasanya bisa diakses secara umum dengan menggunakan public internet protocol. Untuk mengaksesnya, Anda perlu menghubungkan antara device seperti komputer dengan jaringan internet. Bisa menggunakan wifi ataupun menggunakan jaringan LAN.

Jenis Website

Ada banyak jenis website yang bisa Anda temui. Jika dilihat berdasarkan pada penampilan dan respons website ketika diakses, ada 2 jenis website yaitu static dan dynamic. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini:

  • Static Website

Pengertian website static ini adalah adalah website yang umumnya dikembangkan menggunakan HTML ataupun CSS. Informasi yang ada di website ini tersimpan di server dengan format tertentu. Nantinya, informasi tersebut akan tampil secara identic sehingga tidak akan berbeda untuk semua users.

Static website ini memiliki portipe yang hampir mirip. Misalnya mengenai produk, sejarah, kontak dan informasi umum lainnya tentang website tersebut. Walaupun begitu, dalam website juga bisa diberi konten multimedia yang umumnya dimainkan secara otomatis. Karena hal tersebut, interaksi antara website dan pengunjung tidak bisa berjalan dengan baik.

  • Dynamic Website

Website ini adalah website dengan kemampuan diri untuk menyesuaikan kondisi ketika user mengakses website tersebut dengan cara memanfaatkan website. Jenis website ini umumnya dibuat dengan bahasa pemrograman JavaScript, PHP, Python. Website ini memiliki interface yang lebih menarik karena penggunaan visual dan kemampuan interaksi ke pengguna.

Pengertian Website dan 2 Jenisnya Berdasarkan Penampilan dan Respons
Pengertian Website dan 2 Jenisnya Berdasarkan Penampilan dan Respons

Salah satu fitur yang sering Anda jumpai adalah live chatting. Dengan fitur tersebut, Anda bisa bertanya kepada pihak pemilik website, misalnya pihak online shop terkait dengan kendala ataupun produk yang dibeli.

Salah satu keunggulan dynamic website ini adalah pengunjung Anda akan betah membaca atau mencari konten yang Anda tulis di website tersebut. Selain itu, Anda dapat menambahkan pembaharuan aktivitas misalnya terkait produk yang paling banyak dilihat dan disukai.

Itulah pengertian website dan jenis yang harus Anda ketahui berdasarkan pada penampilan dan respons website. Semoga informasi ini menambah wawasan Anda. 

Releated

34. Pengertian Dan Konsep Dasar Search Engine Optimization

Pengertian dan Konsep Dasar Search Engine Optimization

Apa itu search engine optimization? Lalu apa fungsinya? Pertanyaan ini kerap muncul bagi para pembuat website yang masih pemula. Sebenarnya secara konsep dasar cukup sederhana untuk menggunkan SEO yang sangat bermanfaat. Secara serderhana fungsinya adalah untuk meningkatkan trafik website. Menggunakan SEO akan lebih mudah untuk mendapatkan rangking yang tinggi dalam hasil pencarian. Langkah ini akan […]

35. Topik Konten SEO dan Search Intent Dalam Menulis Artikel

Topik Konten SEO dan Search Intent dalam Menulis Artikel

Yastro – Membuat sebuah konten SEO tentu akan jadi hal penting untuk meningkatkan trafik sebuah website. Selain konten maka anda juga perlu paham apa itu search intent untuk lebih optimal. Tentu saja memperhatikan algoritma dengan aturan baru juga harus dilakukan. Lalu bagaimana caranya? Dalam sebuah algoritma google paling baru memang jumlah dari keyword tidak menjadi […]