Desain poster makanan

3 Faktor Penting dalam Membuat Desain Poster Makanan

Desain poster makanan memiliki kriteria khusus yang harus diperhatikan. Tujuan dari pembuatan poster makanan adalah untuk merangsang orang agar merasa lapar dan tertarik untuk mencicipi makanan yang ditawarkan. Apakah mungkin membuat orang lain merasa lapar hanya dengan sebuah poster? Tentu saja, unsur grafis pun memiliki efek psikologi yang bisa digunakan untuk memengaruhi orang lain.

Desain poster sebaiknya mengutamakan kesan dan efek yang ingin dihasilkan. Apalagi untuk poster makanan, setiap unsurnya harus dikonsep dengan matang dan terencana. Anda perlu memahami berbagai efek psikologi dari unsur-unsur desain dan memadukannya ke dalam sebuah poster untuk menjual lebih banyak makanan. Setidaknya, ada tiga faktor utama yang harus Anda perhatikan :

 

Kriteria Desain Poster Makanan yang Efektif

 

  • Pemilihan Warna

Warna tidak hanya mengilustrasikan kesan atau suasana tertentu. Sebaliknya, warna juga bisa membentuk kesan dan suasana itu sendiri. Desain poster makanan pun harus dibuat dengan pemilihan warna yang jeli. Warna-warna yang dipilih harus mampu meningkatkan suasana hati orang yang melihatnya.

Warna kuning mencerminkan kebahagiaan, efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan mood positif dalam diri seseorang. Warna oranye terbukti ampuh meningkatkan rasa lapar dan haus. Ditambah dengan warna merah yang mampu meningkatkan detak jantung dan aliran darah, meningkatkan rasa lapar pada diri seseorang.

 

  • Pemilihan Font

Dalam membuat desain poster makanan, jenis huruf pun harus diperhatikan dengan saksama. Tampilan huruf turut memengaruhi suasana hati seseorang. Font yang tepat akan berkolaborasi dengan warna guna merangsang orang lain untuk mengikuti apa yang Anda inginkan. Dalam konteks ini, maka font Anda bertugas untuk merayu orang agar tertarik membeli makanan yang Anda jual.

Font Serifs menimbulkan nuansa berkelas dan elegan. Gaya huruf cetak miring (italic) mencerminkan kecepatan dan urgensi. Huruf cetak tebal (bold) menekankan level prioritas informasi dan selalu menjadi yang pertama kali diperhatikan. Tidak hanya jenis dan gaya, ukuran dan warna juga harus ditentukan dengan tepat untuk mengupayakan urutan informasi yang ingin disampaikan secara runtut.

 

  • Informasi Ringkas

Salah satu kesalahan fatal yang kerap dilakukan banyak orang dalam membuat desain poster makanan adalah informasi yang overload. Pertama, Anda harus sadar bahwa seseorang tidak akan mau meluangkan terlalu banyak waktu hanya untuk memahami poster Anda. Jadi, hargailah beberapa detik yang mereka berikan dengan menampilkan informasi yang ringkas dan mudah dipahami.

Mulailah dengan headline berukuran besar tentang apa yang hendak Anda sampaikan. Lanjutkan dengan deskripsi singkat mengenai informasi utama, lalu tutup dengan informasi tambahan seperti alamat dan kontak. Usahakan agar poster Anda tetap terlihat simple, bersih, dan minimal.

 

Desain Poster Makanan yang Berujung Konversi

Tak terhitung lagi jumlah poster yang gagal mendapatkan atensi atau mencapai tujuan pembuatannya. Penyebabnya ada banyak, mulai dari kekeliruan memadukan unsur desain sampai jumlah informasi yang melampaui batas ideal. Ikuti tips-tips di atas untuk menghasilkan poster yang efektif dalam menyampaikan informasi sekaligus melakukan persuasi agar orang bersedia melakukan apa yang kita harapkan, membeli produk misalnya.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan desain poster makanan yang berkualitas dan berujung pada konversi berupa peningkatan penjualan sejak publikasi poster.

Releated

Jenis dan Motif Keramik yang Bagus untuk Lantai Rumah

Jenis dan Motif Keramik yang Bagus untuk Lantai Rumah

Untuk membuat rumah agar terlihat lebih menarik, Anda perlu menggunakan keramik yang sesuai dengan konsep rumah. Misalnya, keramik yang bermotif bunga agar rumah terlihat lebih asri dan alami. Karena hal tersebutlah, Anda perlu tahu jenis dan motif keramik yang bagus untuk lantai rumah. Jenis Keramik untuk Rumah Ada banyak jenis keramik yang bisa Anda temukan […]

Sejarah Desain Interior Minimalis yang Perlu Diketahui

Sejarah Desain Interior Minimalis yang Perlu Diketahui

Dari sekian banyak konsep interior minimalis banyak diaplikasikan. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata sejarah desain interior minimalis sudah ada sejak awal abad 20? Jika Anda tertarik dan ingin tahu, simak informasi berikut ini. Sejarah Interior Minimalis Desain minimalis dimulai dengan adanya arsitektur bergaya minimalis tahun 1920 an. Van der Rohe menjadi salah satu arsitek pertama […]